pengalaman lulus pns
pengalaman lulus pns

BERBAGI PENGALAMAN LULUS CPNS bagian 2

Posted on

BERBAGI PENGALAMAN LULUS CPNS bagian 2, sambungan dari bagian pertama, Oke, kemudian setelah mempelajari bagian Wawasan Kebangsaan, akan aku lanjutkan dengan membahas pengalamanku mempelajari bagian berikutnya.

B. TES INTELEGENSIA UMUM
Untuk Intelegensia Umum terdapat 3 bagian soal yaitu ANALISA VERBAL (sinonim, antonim, padanan hubungan kata, tes pengelompokan kata), ANALISA NUMERIK (aritmatik, seri angka, logika angka, angka dalam cerita) dan yang terakhir BERPIKIR LOGIS DAN ANALITIS (logika umum, analisa pernyataan, kesimpulan dan silogisme, logika cerita).
Langkah – langkah yang aku pelajari di bagian ini adalah perbanyak LATIHAN SOAL. Karena sebagian besar soal TIU memiliki kemiripan tipe dengan contoh soal di buku latihan dan Simulasi Tes CAT secara online yang resmi dari BKN. Sebaiknya dalam latihan soal diberi batasan waktu. Selain itu buat rangkuman beberapa rumus-rumus hitung cepat matematika dasar. Rumus – rumus hitung cepat ini biasanya digunakan pada saat soal angka dalam cerita (contoh soalnya seperti menghitung jumlah uang setelah sekian lama menabung dengan bunga dan potongan sebesar sekian).
Sama seperti mempelajari wawasan kebangsaan, ketika itu aku juga menikmati belajar bagian ini. Inilah yang mendorong saya untuk berbagi pengalaman lulus cpns.

C. TES KARAKTERISTIK PRIBADI
Yang terakhir adalah Belajar Tes Karakteristik Pribadi. Untuk bagian ini, aku hanya memperbanyak latihan soal saja. Entah kenapa aku paling bosan belajar bagian soal-soal Karakteristik Pribadi. Mungkin karena jawaban soalnya bisa mirip-mirip dan artinya bisa sama-sama baik atau positif semua. Jadi menurutku agak sulit untuk mengerjakan bagian ini, dan sedikit membosankan ketika latihan soal bagian ini heheheheh….Kesimpulannya dalam mengerjakan soal bagian ini, pilih yang sesuai dengan hati nurani kamu dan pilih yang menurutmu menunjukan sikap optimis dan menolong terhadap sesama tetapi yang positif.

Setelah mempelajari semua bagian, jangan lupa untuk sering melakukan simulasi tes CAT. Baik mengerjakan lewat buku, soal – soal yang ada di CD yang sudah dengan model CAT (hadiah dari buku), dan juga simulasi online. Hitung nilainya untuk mengetahui progress kamu. Dan Jika menemukan soal yang baru, khususnya di TWK dan TIU kembangkan soal tersebut dengan cara mempelajari yang berkaitan dengan soal tersebut. Karena biasanya akan keluar soal dengan tema yang serupa.

PASRAH
Setelah kamu berdoa, yakin, dan percaya diri, kemudian belajar dengan giat. Yang harus kamu lakukan adalah pasrah. Saya ingin berbagi pengalaman lulus CPNS bahkan Pasrah lebih mudah dilakukan jika kita tidak sama sekali ada usaha dalam mencapai tujuan. Maksud disini adalah ketika kamu tidak yakin dan percaya diri, kemudian tidak belajar, pasrah terhadap hasil sangat mudah untuk dilakukan. Berbeda ketika kamu sudah berusaha sekuat tenaga dalam mencapai sesuatu, menurutku pasrah adalah hal yang agak lumayan sulit untuk dipraktekan. Pengalaman yang berhubungan dengan kepasrahan terjadi pada saat aku ujian. Ini adalah ujian kerja pertama ku, aku sudah belajar siang dan malam untuk kelulusan, berdoa dan menanamkan keyakinan bahwa Allah SWT pasti akan mengabulkan doa ku. Tetapi kesalahanku adalah keyakinanku ini tidak aku barengi dengan pasrah ku kepada Allah SWT. Terjadilah kejadian yang menurutku sangat berharga bagiku, awalnya aku sangat percaya diri dalam mengerjakan soal TWK, soal-soal yang keluar hampir semua bisa aku kerjakan. Kemudian dilanjut dengan TIU, bagian awal bisa aku kerjakan dengan lancar. Tiba-tiba pada saat bagian soal matematika dalam cerita, aku sama sekali tidak menemukan jawaban atas soal yang sudah aku hitung. Padahal aku hafal sekali rumusnya. Percaya diriku mulai turun, kemudian aku skip soalnya untuk mengerjakan soal lainnya dahulu agar tidak menghabiskan waktu. Sampai semua soal sudah aku kerjakan, kembalilah aku ke beberapa soal matematika tadi. Sama sekali aku tidak menemukan jawabannya. Rumusnya sudah benar, aku ulangi lagi tapi kok tetap tidak bisa aku kerjakan? Kemudian di situ aku teringat bahwa aku terlalu percaya diri. Aku berhenti sejenak dan berdoa dengan penuh kepasrahan, meminta kepada Allah SWT untuk di berikan kemudahan, jika memang pekerjaan ini benar-benar baik untukku. Disitu aku benar-benar pasrah. Kemudian aku melanjutkan mengerjakan soal dengan hati yang pasrah, dan Alhamdulillah aku menemukan jawaban pada bagian soal tersebut. Jadi dalam hal ini BERDOA, YAKIN, PERCAYA DIRI, USAHA, DAN PASRAH harus dilakukan secara seimbang ya……Demikian pengalamanku mempersiapkan tes CPNS di tahun 2014. Semoga pengalaman ini dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya, Terimakasih.

sumber: dinirahdini.blogspot.com

Baca pengalaman lulus cpns yang lain

Pengalaman lain gagal 2 kali cpns akhirnya lulus cpns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *